Definisi Pemimpin Secara Umum

Menurut Suradinata (1997:11) pengertian pemimpin secara umum adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga. Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Menurut Ishak Arep dan Tanjung (2003:93) bahwa kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang untuk menguasai atau mempengaruhi orang lain atau masyarakat yang berbeda-beda manuju pencapaian tertentu.

Menjadi pemimpin berarti memegang sebuah amanat dan tanggung jawab yang besar. Disini ditunjukkkan bahwa mereka telah mendapatkan kepercayaan dari orang-orang sekitarnya. Kepemimpinan itu perlu, terutama dalam berorganisasi, karena dengan seorang pemimpin maka pengaturan sebuah organisasi akan lebih mudah untuk diarahkan karena ada komando. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang ideal memiliki beberapa kriteria yang harus dipegang. Pemimpin yang ideal harus mempunyai sikap yang tegas dan berkepribadian yang kuat. Pemimpin adalah seorang yang dapat membimbing bawahannya, baik ketika ada masalah ataupun tidak ada masalah yang menganggu.

Memiliki sikap yang optimis akan masa depan akan membantu seorang pemimpin selalu bisa mengembangkan kepemimpinannya sehingga apa yang telah dia pimpin akan membuahkan hasil yang manis. Karena bukan hanya organisasi yang memiliki tujuan dalam program kerjanya, namun sebuah keluarga yang harmoni pasti memiliki arah dan tujuan yang harus dilaksanakan agar tidak melenceng ke jalan yang tidak diinginkan. Disinilah tugas pemimpin sebagai penunjuk arah. Bilamana para anggotanya mulai tersesat, pemimpin harus siap majuĀ  di barisan paling depan untuk segera menuntun kembali para anggotanya ke jalan yang benar.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang siap untuk menampung segala aspirasi masyarakat, menerima setip sanggahan dan kritikan, serta siap untuk selalu berubah menuju lebih baik. Fleksibel dalam menerima perubahan yang memang diperlukan adalah sikap dari seorang pemimpin. Merancang target yang realistis serta memikirkan apa yang akan dilakukan untuk membuatnya menjadi kenyataan merupakan kewajiban. Akan tetapi, dalam mewujudkan suatu target perlu kerjasama dari seluruh pihak termasuk para anggota untuk bisa mendukung si pemimpin melaksanakan tugasnya. Sikap gotong royong dan saling menghargai akan sangat diperlukan dalam berorganisasi. Disini pemimpin dituntut untuk bisa memimpin para anggota supaya dapat bergerak teratur, demi mencapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *