Apple iCloud

Apple iCloud : Taruh, Sinkron, Backup, serta Restore

Apple iCloud
Apple iCloud

Dari semuanya feature serta service baru yang diumumkan tempo hari di WWDC sebagai sisi dari IOS 5, satu diantara service menarik untuk beberapa pengembang aplikasi mobile serta bahkan juga telah ada SDK nya ialah service iCloud. iCloud sendiri bukanlah sekedar hanya service pengganti dari MobileMe. iCloud mempunyai manfaat bukanlah sekedar hanya “menyimpan” saja, iCloud bakal menaruh sekalian menyesuaikan musik, photo, aplikasi, kalender serta dokumen untuk semuanya piranti Kamu, termasuk juga iPhone, iPad, iPod Touch serta bahkan juga Mac serta PC.

Service iCloud ini tidak terbatas pada product Apple saja, pengembang bisa memakai iCloud untuk diintegrasikan dengan product diluar Apple.

Apa yang iCloud Kerjakan?

Dengan cara default, untuk pemakaian “sehari-hari” iDevice dengan IOS5 bakal dengan cara automatis aktifkan service iCloud, termasuk juga pada iTunes, kontak, kalender, mail, photo (Foto Stream), iBooks, iWork, serta iTunes. iCloud akan lakukan backup harian data pribadi, seperti pesan teks, pesan MMS, penyusunan piranti, data aplikasi serta banyak lagi. Yap sudah pasti ini berita bagus untuk customer.

Sisi menarik dari iCloud untuk beberapa pengembang yaitu “iCloud API”. Dengan API ini, sangat mungkin untuk pengembang aplikasi pihak ketiga untuk memakai service iCloud hingga mereka dapat menaruh dokumen maupun data-data utama yang lain yang mereka pakai di aplikasi yang di buat serta setelah itu bisa di sinkron dengan cara automatis ke beragam piranti. iCloud sendiri bisa dipakai pada iOS, OS X Lion, sampai Windows. Serta serunya lagi, untuk beberapa Developer Program Anggota dari Apple, telah bisa coba iCloud API. Serta seperti yang sudah disebutkan terlebih dulu beberapa pengembang dapat memakai iCloud API bukanlah sekedar hanya sebagai media “penyimpan” namun juga menyuguhkan sinkronisasi serta backup di aplikasi mereka.

Namun sialnya masih banyak pengguna iPhone yang belum fasih betul mengoperasikan iPhone dan iCloud. Jadilah diantara mereka masih banyak yang akun iCloudnya terkunci. Pengguna iPhone 5 terutama. Tapi jika kamu mengalami masalah tersebut, tenang, karena banyak cara membuka icloud iphone 5 di google dan di forum-forum.

iCloud = Taruh, Sinkron, Backup serta Restore

Seperti dijelaskan diatas, pengembang bisa memakai iCloud dalam dua langkah : baik untuk menaruh dokumen atau untuk menaruh data aplikasi. Pilihan paling akhir sangat mungkin aplikasi menaruh beberapa data, seperti konfigurasi aplikasi atau sejenis penyusunan akun social media, di iCloud. Hal semacam ini bakal mempermudah untuk beberapa pemakai untuk beralih dari satu piranti ke piranti yang lain, atau waktu lakukan upgrade dari satu piranti lama ke yang baru.

Sebagai contoh, iCloud bisa dipakai untuk lakukan setup piranti baru dengan semuanya aplikasi yang sudah pemakai beli tanpa ada mesti lakukan sinkronisasi dengan computer kamu, lalu iCloud juga mengkonfigurasi aplikasi pemakai dan lakukan sinkronisasi dengan aktivitas paling akhir dari si pemakai pada suatu aplikasi.

Rencana iCloud sendiri cukup serupa namun selangkah semakin maju dari apa yang Google menawarkan sekarang ini dengan Android-nya. Dengan versus paling baru dari Android, aplikasi bakal tersinkron ke piranti baru apabila pemakai masuk dengan akun Google-nya.

Sesudah aplikasi pemakai tersinkron serta diinstal pada piranti Android yang lain, pemakai mesti lakukan login (untuk aplikasi yang membutuhkan akun) maupun setting yang lain. Data yang disimpan dalam aplikasi juga tidak tersimpan, terkecuali aplikasi itu menggunkan rencana cloud untuk penyimpanan konfigurasinya atupun data datanya.

iCloud akan mengatasi segalanya yang terkait dengan sinkronisasi, back up serta restore termasuk version control, conflict resolution, serta lain-lain

Jadi apakah iCloud bakal jadi ancaman untuk pemain cloud yang lain seperti Box. net atau Dropbox? Serta bagaimana kurang lebih nasib beberapa startup yang bakal bikin service yang sama? Silahkan catat komentar kamu di kolom komentar kami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *