Ini Dia 5 Cara Menjadi Lebih Rajin Dalam Bekerja di Kantor

Cara Menjadi Lebih Rajin Dalam Bekerja di Kantor

Karyawan malas adalah benalu di perusahaan. Dalam satu sisi, perilaku mereka yang jelek seperti datang telat, pura-pura sibuk tanpa hasil, datang ke kantor kemudian baca koran.

Dan di sisi lain, penilaian kinerja mereka ssangat bagus karena atasan tak terlalu peduli dengan sistem penilaian kerja dalam perusahaan tersebut.

Apakah kamu bekerja dalam lingkungan kerja seperti ini? Apakah kamu ingin keluar dari lingkungan itu dengan jadi lebih rajin? Yang harus kamu lakukan yaitu beberapa cara berikut.

1. Meninjau sasaran besar Anda
Tinjau target utama Anda di tempat kerja saat ini.target ini dapat berupa ingin jadi kepala cabang, manajer atau supervisor, tergantung pada posisi Anda saat ini.

Ketika meninjau, tanyalah diri Anda apakah Anda benar-benar layak untuk posisi tersebut jika Anda saat ini masih malas. Jujurlah dalam hal itu.

2. Menjunjung tinggi etika bekerja
Untuk jadi lebih rajin, Anda harus menjunjung tinggi etika dalam bekerja. Ingatlah jika Anda digaji untuk kerja, bukan bermalas-malasan.

Sekiranya Anda bekerja di instansi negara, Anda harus malu pada rakyat yang bayar pajak yang menjadi salah satu sumber gaji Anda berasal dari pajak itu.

Dengan etika, Anda tak memiliki alasan lagi untuk bolos atau malas bekerja.

3. Mencoba teknik 5 menit
Berapa pun beratnya pekerjaan Anda, cobalah teknik 5 menit untuk menyelesaikannya. Sebagai contoh, jika tugas Anda adalah membuat laporan keluar masuk barang bulanan. (Sumber: pekanbaru.TunaKarya.com) Maka kerjakanlah dalam 5 menit, setelah 5 menit Anda dapat rehat sebentar.

Dengan teknik ini, Anda akan merasa terhibur dan termotivasi menyelesaikan laporan itu. Dengan demikian rasa malas juga akan hilang serta tugas jadi lebih ringan.

4. Merinci pekerjaan besar Anda
Rinci pekerjaan besar Anda jadi beberapa pekerjaan kecil, kemudian selesaikan yang kecil satu-satu agar Anda tidak stres membayangkan berat pekerjaan tersebut. Dan akhirnya Anda akan jadi makin produktif.

5. Melaksanakan kewajiban Anda terlebih dahulu
Dimana pun Anda bekerja, Anda harus memegang prinsip karyawan yang baik, yaitu laksanakan kewajiban umum yang tertuai dalam deskripsi pekerjaan Anda. Setelah itu, Anda bisa ngobrol bersama teman.

Tapi daripada harus buang waktu, sebaiknya Anda menyelesaikan pekerjaan lain yang tenggang waktunya masih lama.

Dengan ini, Anda tak akan terbebani deadline sehingga Anda tidak harus begadang mengerjakan pekerjaan tersebut.
Dengan menerapkan cara tersebut diatas, tanpa terasa Anda akan semakin rajin dan konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *