3 Panduan Trip Ke Toraja Yang Perlu Anda Tahu

Siapa yang tak mengenal Toraja? Yah, salah satu wilayah di Sulawesi yang khas akan ritual kematiannya dan juga tendong dengan harga ratusan juta rupiah ini merupakan salah satu bagian dari tempat wisata di Indonesia yang sangat kaya akan budaya dan juga seni yang dimilikinya. Sehingga tak salah apabila trip ke Toraja merupakan salah satu kegiatan berlibur dan belajar yang sangat menyenangkan. Tak hanya itu saja, keindahan alam yang dimilikinya juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi tempat wisata terbaik yang harus Anda kunjungi saat ada waktu luang https://www.exploretoraja.com/. Contoh, di daerah yang berada di utara Makassar ini memiliki sebuah upacara menarik yang dikenal dengan nama Rambu Solo. Ada yang berbeda dari upacaraa atau ritual ini, yakni biaya dari upacara kematian yang sangat mahal. Mengingat bahwa masyarakat yang mengadakannya harus membeli banyak babi dan juga kerbau agar upacara kematian ini bisa berjalan.
Tak hanya itu saja, trip ke Toraja juga tidak akan lengkap apabila Anda tidak mengunjungi atau melihat ritual Tau-Tau. Yah, bagi Anda yang belum tahu, ritual Tau-Tau merupakan ritual dari pembuatan sebuah boneka diri jenazah yang berbahan dasar dari jenazah setelah yang bersangkutan dimakamkan. Bukan hanya dua ritual kebudayaan tersebut saja yang menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Toraja, masih ada banyak ritual kebudayaan lain yang hanya bisa Anda temukan di Toraja. Salah satunya adalah ritual Manene. Ritual ini dikenal sebagai ritual pergantian pakaian yang dilakukan oleh Toraja Utara. Ritual ini dianggap masyarakat Toraja bisa memberikan berbagai manfaat dan keberkahan setelah ia melakukan pergantian pakaian tersebut.
Toraja juga dikenal sebagai lokasi yang memiliki keangkeran yang cukup menyeramkan. Hal ini dibuktikan dengan datangnya banyak wisata ke Toraja. Berikut panduan trip menuju Toraja yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman.

• Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota ataupun luar pulau Sulawesi, Anda bisa naik pesawat dan turun di Makassar. Selain naik pesawat, Anda juga bisa naik bus. Akan tetapi bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak, naik pesawat sangat dipriotitaskan. Alasannya, karena tidak akan membuang waktu luang Anda.

• Setelah Anda sampai di Makassar, perjalan menuju ke Toraja bisa Anda lanjutkan dengan perjalanan dengan naik bus di terminal bus Daya. Biaya yang harus Anda bayarkan adalah sekitar 20 ribu. Nah, bagi Anda yang masih bingung menuju terminal Daya, Anda bisa menyewa jasa taxi ataupun sebagainya.

• Ada beberapa nama bus yang direkomendasikan untuk digunakan, bus yang direkomendasikan tersebut adalah Bus Manggala Trans ataupun Primadona Bus. Walaupun lebih mahal, akan tetapi fasilitas yang dimilikinya benar-benar akan membuat Anda nyaman dalam perjalanan.

Itu tadi, tiga panduan trip ke Toraja yang bisa Anda coba. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda benar-benar berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *