14 Penyebab Batuk Berdahak Secara Umum

Penyebab batuk berdahak perlu kita ketahui karena penyakit ini benar-benar menyiksa. Batuk berdahak dapat membuat dada terasa sesak dan kita sulit untuk bernapas. Alasannya karena dahak yang menyebabkan batuk akan menyumbat saluran pernapasan. Bila penyakit batuk berdahak tak kunjung sembuh, bisa jadi menandakan bahwa paru-paru Anda mengalami masalah, sehingga diperlukan obat batuk yang sesuai dengan penyakit anda.

Pada umumnya, batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak dapat membuat seolah tenggorokan seperti ada lemnya sehingga suara menjadi serak. Penyebabnya karena pita suara terletak di dekat tenggorokan yang terdapat banyak dahak. Saat malam hari, batuk berdahak akan lebih menyakitkan karena frekuensi batuk akan meningkat seiring dahak yang melekat di tenggorokan akan sulit dikeluarkan bila masih kental dan belum mengencer.

Berikut ini kami bagikan beberapa penyebab batuk berdahak yang paling sering ditemui agar kita dapat melakukan pencegahan dan pengobatannya.

  1. Alergi Udara Dingin

Bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap udara dingin dan kerap mengalami flu sebaiknya ketahui pula cara mengatasi dengan cepat dan tepat agar tidak terjadi batuk berdahak secara berkepanjangan dan mengganggu aktivitas harian Anda.

  1. Terkena Debu Jalanan

Debu yang masuk ke saluran pernapasan juga bisa menjadi penyebab batuk berdahak. Terutama bagi orang yang juga memiliki alergi pada debu.

  1. Asap dari Bahan Kimia

Kantung paru-paru yang semestinya berisi udara justru terisi dengan asap kimia yang dapat menimbulkan dahak penyebab batuk.

  1. Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia merupakan salah satu penyebab batuk berdahak yang juga sering ditemukan pada orang dewasa, terutama pada bayi.

  1. Infeksi Virus
  2. Tingginya Asam Lambung
  3. Penyakit Asma
  4. Batuk Rejan
  5. Sakit Flek
  6. Penyakit TBC
  7. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
  8. Kebiasaan Merokok
  9. Terkena Kanker Paru-paru
  10. Infeksi Paru-paru dan Radang Paru-paru

 

Salah satu cara untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan mencari penyebab batuk berdahak terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebab penyeban batuk berdahak, alangkah baiknya juga mengetahui bagaimana cara mengobati batuk berdahak secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *