Perhatikan 5 Hal Penting Berikut Sebelum Anda Berkurban Sapi

Kurban menjadi salah satu amanah yang wajib dilakukan bagi umat muslim yang mampu secara finansial. Hewan kurban yang salah satunya dapat menjadi pilihan adalah sapi. Beberapa orang mungkin memandang bahwa sapi merupakan hewan mahal, namun hewan ini adalah salah satu yang menguntungkan karena memiliki daging yang banyak. Untuk melakukan kurban ini kita harus membeli sapi yang kita jadikan kurban. Namun sering kali beberapa orang masih salah dalam memilih sapi yang akan dijadikan kurban.

 

Ada beberapa ciri-ciri yang akan menjadi informasi untuk Anda yang ingin mencari sapi yang sehat. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari sapi sehat ini antara lain:

 

  1. Usia sapi sudah harus 12 bulan, ini adalah usia yang dianggap paling sah untuk sebuah sapi yang akan disembelih untuk kurban.
  2. Sapi tidak cacat, segala bentuk cacat tentu saja tidak akan diterima untuk dijadikan hewan kurban. Biasanya masalah cacat yang sering ditemukan adalah masalah kebutaan dan pincang. Selain itu hewan yang terlalu kurus juga tidak diperbolehkan menjadi hewan kurban dan hukumnya haram.
  3. Keikhlasan, ini menjadi salah satu yang harus diwajibkan. Bagi mereka yang melakukan ternak sapi ini sudah harus ada rasa ikhlas dimana hewan kurban yang mereka miliki akan dijadikan kurban dan akan disembelih.
  4. Cari hewan yang tidak memiliki gangguan, ini dapat dilihat juga pada saat kita akan mengambil atau akan melihat kembali kurban kita. Jangan sampai ada hewan yang menunjukan tanda tidak normal atau tidak sehat.
  5. Hewan sudah memiliki cap pemeriksaan dari dinas peternakan, ini yang akan menandakan bahwa hewan yang dijual ini merupakan hewan sehat dan layak dijual untuk keperluan kurban.

 

Pastinya pemilihan hewan kurban menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan oleh segala orang yang akan melakukan kurban. Pada saat membeli hewan sapi ini mereka bisa melihat langsung mana hewan yang sekiranya layak untuk dijadikan kurban. Kita juga harus memperhatikan hokum kurban yang akan membantu kita untuk menentukan hewan yang mana.

 

Kurban kini juga dapat dilakukan dengan cara patungan atau hanya dengan melakukan transfer uang ke jasa penyalur kurban. Kita bisa memilih jenis hewan apa yang akan kita kurbankan dan nantinya jasa penyalur ini akan mengirimkan hewan kurban kita ke daerah yang membutuhkan. Kini sudah ada banyak orang yang melakukan hal ini.

 

Jika masih belum tahu dimana akan menyumbangkan hewan kurban ini, maka Anda bisa langsung mengunjungi halaman ini https://www.globalqurban.com/id/news/article/harga-kambing-kurban-yang-selalu-meningkat-setiap-tahunnyaAkan terlihat jelas bagaimana caranya jika Anda ingin mendonasikan hewan kurban ini. Pastinya akan lebih mudah dan juga akan diterima oleh mereka yang sangat membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *