Contoh Alat Kesehatan Elektromedik Non Radiasi

Salah satu jenis Alat Kesehatan yang ada di Rumah Sakit yaitu jenis Elektromedik. Sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan alat elektromedik ? Yaitu alat kesehatan mengandung unsur listrik. Artinya alat – alat medis yang berkerja dengan tenaga listrik. Oleh sebab itu, alat – alat medis seperti ini disebut dengan alat elektromedik. Namun ada dua jenis alat elektromedik yang bisa kita kelompokan berdasarkan adanya radiasi unsur radio aktif atau tidak. Pada kesempatan ini kita akan bahas dan sebutkan beebrapa contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi.

contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi

1. Defibrillator

Defibrillator adalah alat medis yang berfungsi sebagai alat pacu jantung. Alat ini digunakan untuk mengatasi orang yang mengalami gangguan jantung seperti atrial vibrillation dan berbagai macam jenisnya. Intinya jantungnya bedetak secara tidak normal. Alat ini bekerja dengan cara memberikan stimulus sengatan listrik dengan jumlah tertentu untuk membuat jantung terkejut dan kemudian diharapkan akan kembali berdetak secara normal. Terdapat dua jenis defibrillator yang umum kita temukan. Yaiut defibrillator manual dan defibrillator portable. Harga defibrillator portable lebih murah karena fiturnya memang tidak selengkap Defibrillator manual.

2. USG

Ultrasonografi (USG) merupakan alat medis yang berfungsi untuk pencitraan organ dalam tubuh manusia. Walaupun alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara ultra, namun bukan radiasi ini yang kita maksudkan. Jadi USG masih termasuk contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi. Seiring dengan perkembangan zaman, alat USG sekarang sudah bisa menjangkau gambar 3 hinggaa 4 dimensi.

3. ESU

Electpsurgical Unit (ESU) adalah alat medis yang berfungsi sebagai pisau atau alat bedah pada saat operasi. Berbeda dengan pisau pada umumnya, alat ini berfungsi membuat sayatan dengan menggunakan energi listrik. Banyak yang mengungkapkan bahwa alat ini memiliki keunggulan, diantaranya adalah tidak mengeluarkan banyak darah dalam proses pembedahannya.

Nah itulah 3 contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi yang sebenarnya masih banyak sekali. Tapi tidak mengapa, kita bahas tiga saja, dan selebihnya anda bisa mencarinya sendiri dari berbagai sumber lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *