Pemeriksaan Penyakit Jantung Dengan Alat EKG

Pemeriksaan Penyakit Jantung Dengan Alat EKG – Elektrokardiogram atau yang banyak dikenal dengan singkatan EKG atau ECG merupakan suatu tes diagnostic umum yang berfungsi untuk mengetahui fungsi jantung apakah berjalan normal atau tidak. Tes ini akan bisa merekam aktivitas listrik jantung serta mengidentifikasi kalau ada aliran darah yang tidak berjalan normal.

Pemeriksaan Penyakit Jantung Dengan Alat EKG

Mesin yang mencatat hasil dari pemeriksaan EKG dinamakan dengan elektrokardiograf. Setiap klinik atau rumah sakit kini sudah banyak yang menyediakan fasilitas ang satu ini, karena sudah banyak distributor yang jual alat EKG sehingga sudah sangat mudah untuk melakukan pengadaannya.

Aktivitas listrik jantung yang dicatat akan ditampilkan pada layar visual atau kertas print. Yang kemudian akan dijelaskan oleh dokter ahli yang mampu untuk mentafsirkan hasil tersebut.

Untuk hasil yang normal, pada EKG akan memunculkan karakteristik yang cukup khas. Ketika irama jantung berjalan tidak teratur atau bahkan terjadi kerusakan di otot jantung, hal ini tentu saja akan merubah bentuk dari hasil EKG.

Pemeriksaan EKG juga biasanya disarankan oleh dokter terhadap pasien yang beresiko terkena penyakit jantung dikarenakan ada riwayat keluarganya yang mengalami penyakit jantung atau memang karena ia memiliki kebiasaan merokok, diabetes, obesitas, hipertensi atau kolesterol yang tinggi.

Beberapa permasalahan jantung yang bisa diperiksa dengan alat EKG diantaranya yaitu :

• Radang dan pembesaran jantung
• Cacat jantung bawaan yang berhubungan dengan kelistrikan jantung
• Irama detak jantung yang tidak normal baik itu lambat, terlalu cepat atau tidak beraturan
• Kerusakan jantung, misalnya terjadi penyumbatan pada arteri jantung.
• Pasokan darah yang buruk ke jantung
• Serangan jantung ketika berada di ruang gawat darurat
• Terjadi gangguan pada system konduksi jantung
• Terjadi ketidakseimbangan pada kimia darah yang berfungsi untuk mengontrol aktivitas jantung.

Seorang pasien yang mengalami penyakit jantung bisa saja ketika melakukan pemeriksaan EKG hasilnya normal-normal saja apabila penyakit jantung yang dialami tidak ada hubungannya dengan system kelistrikan jantung. Untuk hal seperti ini sangat disarankan untuk melakukan metode pemeriksaan lain.
Tes EKG ini juga biasanya direkomendasikan oleh dokter pada pasien yang mengalami sesak nafas, nyeri dada, pingsan, pusing, nafas yang cepat serta detak jantung yang tidak teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *