Pemberian Obat Diare Pada Anak

Diare adalah salah satu penyakit yang umum menyerang baik anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri ataupun jenis makanan yang kurang cocok untuk masuk ke dalam saluran pencernaan. Anak-anak pun tidak luput dari serangan penyakit ini karena anak-anak masih belum mengerti tentang kebersihan dan kesehatan pencernaan. Diare pada anak dapat menyebabkan penyakit yang serius bila tidak segera ditangani.  Anak dapat mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat akibat terlalu banyak cairan yang dikeluarkan namun tidak ada yang diserap akibat gangguan pada saluran pencernaannya. Untuk itu, sebaiknya awasi makanan serta kebersihan pada alat makan dan makanan yang dimakan. Makanan yang terlalu pedas, berminyak dan kotor dapat memicu terjadinya diare. Adapula beberapa anak yang tidak cocok terhadap suatu makanan ataupun minuman kemudian saluran pencernaan mereka terganggu dan akhirnya terjangkit penyaki diare. Untuk anak balita sebaiknya hati-hati dalam memberikan makanan.

Setiap penyakit pasti ada obatnya. Adapun beberapa obat tradisional yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan diare pada anak. Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan dan juga proses pembuatannya cukup mudah.

Bila Diare Pada Anak Tak Kunjung Sembuh Berikut Obat Alami Untuk Sakit Diare Pada Anak

Bila Diare Pada Anak Tak Kunjung Sembuh Berikut Obat Alami Untuk Sakit Diare Pada Anak

  1. Berikan buah yang mengandung banyak serta seperti pisang atau pepaya. Pisang dan pepaya mengandung banyak air dan juga serat dan baik untuk kesehatan pencernaan.
  2. Beri air bening yang cukup untuk menghindari terjaidnya dehindrasi pada tubuh. Kekurangan cairan dapat berakibat fatal karena komponen tubuh hampir 70% adalah cairan.
  3. Beri ekstrak daun jambu biji, caranya dengan menggerus daun jambu biji kemudian diperas lalu sarinya diminum oleh penderita.
  4. Beri susu untuk menetralisir pedas dan juga hal lain yang menjadi penyebab diare. Diare juga dapat disebabkan karena keracunan makanan.
  5. Jaga kebersihan makanan dan alat-alat makan.
  6. Beri makanan yang sehat dan kaya gizi serta serat untukmemnuhi kebutuhan nutrisi anak.
  7. Bila sakit berlanjut, bawalah ke petugas kesehatan untuk menyelamatkan kesehatannya.

Diare pada anak apalagi bagi bayi yang belum genap berusia 1 tahun sebaiknya perlu diobati secara intensif. Hal ini karena efeknya yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada bayi. Untuk itu, peran ibu sangat penting dalam menjaga dan merawat anak. Ibu harus paham betul apa penyebab serta bahayanya bila anak terserang diare. Anda juga wajib mengetahui obat yang tepat untuk menyembuhkannya tanpa efek samping.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1192856/sigap-menghadapi-diare-pada-anak

Diare pada anak dapat dicegah dengan salah satu upaya yaitu menggunakan sabun antiseptik untuk pencegahannya. Penggunaan antiseptic dapat meminimalisir terjangkitnya penyakit saluran pencernaan. Lifebuoy adalah salah satu brand yang mendukung kesehatan pada masyarakat. Menjaga kebersihan anggota tubuh terutama tangan dapat mencegah penyakit saluran pencernaan. Gunakan sabun Lifebuoy untuk perlindungan keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *