kurang tidur

Inilah Ciri-ciri Bahwa Kamu Kurang Tidur

kurang tidurTidur malam memang harus dilakukan setelah melakukan aktivitas sepanjang hari. Namun, berbagai kesibukan telah menyita waktu istirahat kamu dari jam seharusnya kamu istirahat, dalam jangka panjang kekurangan tidur dapat memberikan efek negatif pada kesehatan loh. Jika kamu tidak memikirkan hal tersebut, maka hal ini akan menjadi kebiasaan yang negatif.

Berikut adalah ciri-ciri bukti jika kamu kekurangan tidur :

1. Banyak makan dan menggemuk

Banyak penelitian mengaitkan antara kurang tidur dan menambahnya berat badan. Berbagai mekanisme mengaitkan nafsu makan yang meningkat dan teori lain mengaitkan kepada kurangnya menjaga fokus saat beraktivitas berusaha mengupayakan untuk selalu makan.

2. Gampang Sakit

sakit
Kurang tidur dapat menyebabkan kita gampang sakit loh. Img by tlf.id

Dalam sebuah penelitian di Carnegie Mellon University pada september lalu. Seseorang yang kekurangan jam tidur selama 6 jam dalam waktu semalam mempunyai resiko 4 kali lebih besar terjangkit penyakit. Hal ini sangat merugikan bagi kesehatan dan aktivitas loh.

3. Kehilangan Selera Humor

Penelitian di Walter Reed Army Institute of Research mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat membuat seorang kehilangan selera humor. Seorang yang tidak istirahat selama 49,5 jam secara berturut-turut dapat kehilangan selerah humor. Kalau ini ngerih ya, nanti kamu akan menjadi jutek.

4. Mudah Lupa

Belum jelas penyebab fungsi memori otak melemah tapi penelitian mengaitkan pada fase konsulidasi memori ketika tidur, saat kamu kurang tidur fase tersebut terlewatkan sehingga otak susah dalam mengingat.

5. Sakit Semakin Parah

Kata Prof Nicole Tang dari University of Warwick. “Kurang tidur dapat menurunkan mood, mood yang berantakan dapat membuat kamu makin pekat terhadap rasa nyeri” jelasya. Tak di sangka kurang tidur sangat rentan sekali terhadap sakit. Terlebih lagi terhadap nyeri kronis, gejalanya yang satu ini sangat tidak menguntungkan kepada orang yang kelelahan karena kekurangan istirahat akan memperburuk keadaan.

 

Itulah 5 tanda bahwa kamu kekurangan tidur, istirahatlah yang cukup untuk mengatasi hal ini. Memang susah tapi ini demi kebaikan kamu juga bukan. Jangan lupa gunakan tlf agar saat bangun tidur tetap terlihat cantik alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *