3 Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan yang Perlu Ibu Ketahui

Bagi ibu yang baru memulai pengalamannya dalam mengasuh bayi, merawat bayi merupakan hal yang tidak mudah. Ibu harus bisa merawat bayi dengan baik dan harus mengetahui saat-saat penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Perkembangan bayi usia 1 bulan merupakan masa dimana terjadi perkembangan pesat otak bayi pada usia tersebut. Hal ini penting untuk dimanfaatkan bagi ibu bayi agar bisa memaksimalkan perkembangan otaknya. Ibu perlu tahu perkembangan yang dialami oleh bayi saat usianya menginjak 1 bulan, agar ibu bisa lebih mudah dalam mengasuh atau merawat bayi. Ada beberapa perkembangan yang akan dialami oleh bayi antara lain :

perkembangan bayi usia satu bulan

  • Perkembangan fisik

Bayi sudah aktif dalam bergerak, biasanya tangan dan kakinya sangat aktif digerakannya. Perkembangan bayi usia 1 bulan ini bisa lebih maksimal dalam perkembangan fisiknya yaitu dengan sedikit memberikan kelonggaran pada bedong bayi agar kaki dan tangannya bisa lebih aktif dan dimaksimalkan gerakannya. Bayi juga bisa ditempatkan pada tempat khusus bayi yang lebih aman, agar gerakannya lebih maksimal tanpa khawatir akan bahaya yang datang. Perkembangan fisik ini sangat penting sekali untuk dimaksimalkan.

  • Perkembangan kognitif

Kemampuan penglihatan bayi pada usia 1 bulan mampu melihat pada jarak 20-30 cm. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara mendekatkan wajah ibu atau ayah agar bayi dapat mengenali wajahnya dengan mengajaknya berbicara. Perkembangan bayi usia 1 bulan ini juga penting untuk dimanfaatkan agar kognitifnya bisa meningkat dengan cara meletakan gambar-gambar di sekeliling bayi dengan gambar dan bentuk yang menarik. Selain itu, bisa juga menggantung mainan bergerak di atas ranjang bayi yang bisa dijangkau oleh bayi.

  • Perkembangan bahasa

Selanjutnya adalah perkembangan bahasa dimana bayi usia 1 bulan dapat mendengar atau mengenali suara tertentu. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan dengan cara mengajaknya berbicara, bernyanyi, mendengarkannya musik, atau bahkan bisa membacakannya cerita. Walaupun bayi belum mengerti, tetapi bayi akan bisa mendengarkan dengan seksama dan bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan.

Itulah beberapa hal yang merupakan perkembangan bayi usia 1 bulan. Sebagai orang tua yang baik akan memberikan yang terbaik untuk anaknya agar anaknya bisa berkembang dengan maksimal. Setelah mengetahui perkembangan bayi, dukungan orang tua sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sehingga ibu perlu memberikan sentuhan kasih sayang pada bayi. Sentuhan kasih sayang bisa terus meningkat dengan memberikan kontak kulit langsung dengan bayi, seperti memijat bayi. Untuk memaksimalkan proses memijat bayi, bisa menggunakan produk Zwitsal yang bisa menghangatkan tubuh bayi. Dengan memijat bayi, bayi akan merasa nyaman dan tenang sehingga perkembangan bayi bisa lebih maksimal.

referensi artikelĀ http://www.zwitsal.co.id/bayi/perkembangan-bayi-usia-1-bulan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *