Mengatasi Bibir Pecah-pecah pada Bayi

Bibir pecah-pecah ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Bayi juga berpotensi mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi kulit bayi yang sensitif dapat memicu terjadinya kekeringan pada kulit. Faktor lingkungan seperti cuaca yang tidak stabil dan cara perawatan bayi dapat mempengaruhi kelembaban kulit bayi. Selain itu, bayi dengan kondisi keshatan yang kurang baik juga dapat menyebabkan bayi mengalami bibir pecah-pecah. Sebagai orang tua, tentunya akan menjadi kekhawatiran sendiri bagi Anda jika si buah hati mengalami hal-hal yang tidka diinginkan seperti bibir kering dan pecah-pecah. Perawatan pada bayi akan sedikit lebih susah dibandingkan dengan orang dewasa, mengingat kulit bayi yang masih sensitif. Untuk mengatasinya, berikut adalah tips mengatasi bibir pecah-pecah pada bayi.

cara mengatasi bibir pecah pecah pada bayi

Untuk wanita dewasa, Vaseline bisa digunakna untuk melindungi kulit. Namun untuk bayi, diperlukan produk khusus yang diciptakan khusus untuk bayi. Berikut beberapa tips mengatasi bibir pecah-pecah pada bayi.

Jaga Kelembaban kulit bayi.

Hal yang paling utama yang Anda lakukan untuk menjaga kondisi kulit si kecil adalah dengan tetap menjaga kelembaban kulitnya. Gunakan lotion pelembab khusus bayi pada kulit bayi Anda. Lotion bayi dapat membantu melembabkan kulit bayi sehingga mengurangi resiko bayi mengalami kulit kering.

Hindari Bayi Terkena Paparan Cuaca Berlebih

Paparan sinar matahari, cuaca panas, dan cuaca dingin dapat merusak kelembaban kulit bayi Anda. Bayi memang membutuhkan paparan sinar matahari untuk pertumbuhan tulang. Namun paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat kulit bayi menjadi kering.

Produk Bayi

Gunakan produk bayi yang lembut dan aman digunakan pada bayi. Gunakan produk bayi dengan pH yang sesuai dengan kulit bayi. Selian itu, gunakan produk bayi yang tidak mengandung zat kimia terlalu banyak. Zat kimia yang berlbih dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi serta membuat kulit bayi menjadi kering.

Waktu Memandikan Bayi

Memandikan si kecil cukup dengan waktu 10 menit saja. Jangan terlalu lama memandikan bayi Anda karena akan berpengaruh terhadap kelembaban kulitnya. Mandikan si kecil dengan air hangat dan juga mengurangi penggunan sabun berlebih. Gunakan sabun dan shampoo bayi yang tingkat pHnya rendah.

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan dan coba untuk melindungi si kecil dari bibir kering yang dapat menyebabkan si kecil mengalami bibir pecah-pecah. Jadilah orang tua yang bijak dalam menggunakan produk bayi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bibir kering dan pecah-pecah pada bayi jangan dianggap sebagai hal yang sepele. Segera lakukan tindakan atau konsultasikan ke dokter jika bayi tidak mengalami perubahan. Menjaga kesehatan bayi, tentunya akan menjaga senyum bayi Anda dan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda sebagai orang tua.

referensi artikelĀ http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/ini-cara-efektif-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *