Serba-Serbi Kamera Infrared pada CCTV

Penggunaan CCTV untuk mengawasi aktivitas di sekitarnya, lazimnya terpasang di lingkungan perkantoran, tempat public,  tempat perbelanjaan. Namun ada suatu tren terbaru dimana banyak sekali sekolah-sekolah di Indonesia yang kini memasang CCTV untuk mengawasi akivitas yang ada di lingkungan sekolah.

Dalam kamera CCTV baik indoor maupun outdoor terdapat lampu infrared LED, yang fungsi utamanya adalah untuk dapat membantu kamera focus dan dengan jelas menangkap gambar pada malam hari maupun dalam ruang yang minim cahaya (gelap). Lampu infrared LED dalam suatu unit kamera kebanyakan tidak sama jumhanya dari satu kamera dengan kamera lainnya. Mengapa demikian?

Sebenarnya itu tidak berpengaruh sedikitpun dalam instalasi CCTV, jika dilihat dari jumlahnya itu tergantung vendor atau pabrik pembuat unit kamera tersebut menggunakan jenis lampu infrared jenis apa, bentuk apa dan berapa jumlahnya karena semua fungsinya sama saja.

Jumlah lampu infrared LED pada unit kamera yang berbeda-beda tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun untuk kualitas gambar memang ada pengaruhnya, berikut perbedaannya:

  1. Kamera CCTV dengan lampu infrared LED 4 mata; sesuai fungsi dari infrared yang dapat mengadaptasi ruangan gelap sehingga, masih dapat merekam gambar dengan jelas ke mode hitam putih lampu LED ini juga menentukan kejelasan gambar yang tertangkap kamera. Untuk kamera dengan LED 4 mata yang lebih canggih dapat merekam jelas dalam keadaan gelap pada jarak maksimal 10-15 meter.
  2. Sedangkan untuk unit kamera CCTV dengan lampu infrared banyak hanya mampu merekam gambar dengan jelas pada jarak maksimal 5-7 meter.

 

Hasil gambar untuk infrared camera cctv

Kamera infrared menghasilkan video warna beresolusi tinggi pada siang hari. Keunggulannya adalah ia mampu memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi lux rendah atau tidak ada cahaya sama sekali. Pada kondisi cahaya yang rendah, kamera CCTV infrared mampu menerangi lokasi secara otomatis beralih dari mode warna ke hitam putih. Iluminator inframerah akan hidup pada kondisi gelap dan memungkinkan Anda untuk melihat lingkungan sekitar lebih jelas dibandingkan melihat dengan mata.

–  Bisa digunakan sebagai kamera indoor maupun luar ruangan, kamera cctv infrared memberikan keuntungan yang sangat besar dalam cahaya rendah atau tidak ada cahaya.

–  Tahan cuaca (weatherproof) dan dapat menahan suhu panas dan dingin walaupun tanpa housing tambahan.

–  Kamera CCTV infrared indoor menawarkan gambar video yang jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.

Kamera inframerah biasanya di rumah-rumah dan bisnis yang mematikan lampu mereka pada malam hari atau untuk memantau kondisi lingkungan pada malam hari jual CCTV.

Fitur lain kamera infrared yaitu memiliki kemampuan untuk beralih dari mode infrared (yang menangkap gambar hitam putih) ke mode warna non-inframerah dengan cepat. Adapun kelebihan dan kekurangan Infrared antaralain :

Kelebihan Infrared:

–  Pengiriman data dengan infra merah dapat dilakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal.

–  Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan mudah karena termasuk alat yang sederhana.

–  Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

Kelemahan Infrared:

–  Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang inframerah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.

–  Inframerah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan inframerah mengenai mata

–  Pengiriman data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekannya Bluetooth. Dapatkan jasa pasang CCTV terbaik sesuai kebutuhan Anda hanya di sini, info selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *